10 Hal Yang Wajib Dilakukan Pada Smartphone Terbaru


10 Hal Yang Wajib Dilakukan Pada Smartphone Terbaru – Hati senang tiada terkira saat mendapatkan ponsel Android dambaan hati. Android memberikan berbagai feature canggih yang membuat hidup menjadi mudah. Nah, supaya ponsel kamu jadi optimal, ikuti 10 setting wajib berikut ini:
  • Buat Akun GoogleBuat kamu yang telah memiliki akun Google (Gmail, YouTube, Blogspot, Drive, dll), kamu bisa melewatkan bagian ini.
    Akun Google dibutuhkan untuk menggunakan berbagai layanan Google, serta men-download aplikasi dan game di Play Store. Kunjungi halaman accounts.google.com dan isi formulir registrasi. Simpan informasi username dan password akun Google, karena kamu akan membutuhkannya saat menggunakan layanan Google.
  • Amankan dengan PasscodeKamu tentu tidak ingin dokumen, kontak, dan foto-foto di ponsel kamu dicuri bukan? Pastikan data di ponsel kamu aman dengan perlindungan passcode. Buka Settings > Security > Screen Lock, lalu pilih Passcode.  Android memberikan pilihan passcode berupa pattern, PIN, atau password.
  • Ganti RingtoneRingtone atau nada panggil bawaan ponsel Android tentu sudah digunakan banyak pengguna Android lain. Ganti ringtone ponsel Android kamu supaya unik dan mudah dikenali saat ada panggilan masuk. Buka Settings > Sound > Phone ringtone lalu pilih file audio favorit kamu sebagai ringtone.
    Pilih jenis file audio MIDI atau MP3 supaya ukuran file tidak besar. Kamu bisa download ringtone gratis di website berikut ini: ZEDGE, Free Ringtones, dan MyXer
  • Ganti WallpaperSelain ringtone, kamu juga bisa ganti wallpaper ponsel Android kamu dengan file image favorit kamu. Buka Settings > Display > Wallpaper lalu pilih image favorit kamu sebagai wallpaper.
    Android memberikan pilihan wallpaper statis (image) dan dinamis (animasi). Pastikan file image sesuai resolusi ponsel kamu (misal resolusi Samsung Galaxy S 5 adalah 1080x1920). Kunjungi website berikut ini untuk mendapatkan wallpaper gratis: ZEDGE, Android Central, dan Wallpaper Mob
    *Perlu diketahui, penggunaan live wallpapers (animasi) akan meningkatkan penggunaan konsumsi daya baterai
  • Lacak Lokasi Ponsel Android yang HilangGoogle memberikan layanan pelacakan ponsel saat hilang. Mirip seperti feature “Find My iPhone” di iOS. Kunjungi Google Device Manager dan login menggunakan akun Google kamu. Simpan alamat website tersebut. Kamu akan kunjungi website tersebut untuk melacak ponsel kamu apabila dibutuhkan. Setelah pengaturan di website selesai, download aplikasi Android Device Manager di Play Store dan lakukan pengaturan.
    *Berikan tanda centang pada kedua pengaturan di atas
  • Hemat BateraiMatikan feature yang sedang tidak digunakan, seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, dan NFC untuk menghemat daya tahan baterai. Pastikan pengaturan tingkat kecerahan layar pada posisi otomatis dan screen time out pada menit terendah. Kamu bisa melakukan kedua pengaturan ini di Settings > Display > Brightness dan Settings > Display > Sleep.
    *Matikan feature yang sedang tidak digunakan
    *Atur tingkat kecerahan layar secara otomatis atau minimum saat baterai low
    *Atur waktu screen timeout pada menit terendah saat baterai low
  • Matikan Auto-updatePengguna smartphone rata-rata menginstal 25 aplikasi di ponsel mereka. Seiring bertambahnya waktu, kamu pun nantinya akan menginstall banyak aplikasi di ponsel Android kamu.
    Play Store di Android memiliki feature untuk melakukan update aplikasi secara otomatis. Namun, sering kali konsumsi daya baterai akan terasa boros saat feature ini diaktifkan. Matikan feature ini dengan membuka Settings di Play Store, lalu hilangkan tanda centang di bagian Auto-Update Apps/
  • WidgetWidget memudahkan kita untuk melihat berbagai informasi langsung di halaman Home dan menu. Kamu bisa melihat isi SMS, hasil pertandingan sepak bola, baca berita tanpa perlu membuka aplikasi terlebih dulu. Pastikan untuk tidak menginstall terlalu banyak widget untuk menghemat konsumsi baterai.
  • “Ok Google”Google melengkapi Android 4.4 (KitKat) dengan Google Now. Feature ini mirip S Voice di ponsel Samsung. Kamu hanya perlu menyebutkan “Ok Google” saat berada di Google Now atau Home untuk melakukan pencarian di ponsel dan Google Search, minta petunjuk arah di Google Maps, atau memainkan musik.
  • Keyboard AlternatifKeyboard adalah komponen penting pada sebuah smartphone. Mengetik di layar sentuh tentu berbeda dengan mengetik di keyboard fisik seperti di BlackBerry. Nah, supaya kamu lebih mengetik lebih optimal, coba deh dua aplikasi keyboard Android, Swype dan SwiftKey. Keduanya tersedia gratis di Play Store.
Nah, itulah 10 setting awal yang bisa kamu coba saat menggunakan ponsel Android baru. Tentunya masih banyak tips Android lainnya. Silahkan berbagi tips Android kamu di bagian komentar. Ditunggu ya traktiran hape barunya hehe :)

Anda sedang membaca artikel : 10 Hal Yang Wajib Dilakukan Pada Smartphone Terbaru dengan url http://syarifhidayahmeno.blogspot.com/2014/05/10-hal-yang-wajib-dilakukan-pada.html

{ 0 komentar to : 10 Hal Yang Wajib Dilakukan Pada Smartphone Terbaru | Skip to Comment }

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.!!!