Kumpulan Tips Penyebab Harddisk Bad Sector - Syarif Hidayah Meno Blog

Kumpulan Tips Penyebab Harddisk Bad Sector


Kumpulan Tips Penyebab Harddisk Bad SectorBad Sector merupakan masalah yang sering terjadi pada harddisk, baik harddisk internal maupun harddisk eksternal. Bad sector sendiri bisa disebabkan beberapa faktor baik eksternal maupun internal. Dibanding kamu memperbaiki harddisk kamu atau membeli harddisk baru, sebaiknya kamu tahu apa yang menyebabkan bad sector sehingga bisa menghindarinya.

 Berikut kumpulan penyebab Harddisk Bad Sector.
  • Tidak adanya partisi pada harddisk
    Banyak file tersimpan dalam harddisk membuat kinerja harddisk menurun serta semakin lama dalam mencari dan menjalankan file tersebut.
  • Harddisk sudah berumur
    Berumur dalam hal ini adalah sudah lama digunakan, sehingga sangat memungkinkan ada beberapa sector yang mengalami masalah. Untuk mengatasinya harddisk perlu diganti, atau di format ulang untuk meremajakannya.
  • Mematikan tanpa melalui prosedur shut down
    Mematikan dengan cara ini seperti mematikan komputer dengan cara paksa, bisa dengan menekan tombol power atau mencabut kabel listrik. Hal ini akan berakibat fatal karena ketika mungkin saja ada program atau sedang ada aktivitas pada drive tersebut dan diputus secara paksa membuat file corrupt serta bad sector pada harddisk.
  • Komputer restart tiba-tiba
    Sama seperti diatas hanya bedanya pada poin ini adalah kejadian yang tidak disengaja dimana komputer restart sendirinya. Biasanya hal ini terjadi ketika sedang memindahkan file yang cukup besar atau ada file corrupt.
  • Harddisk terkena virus
    Beberapa virus menginfeksi sistem operasi sehingga bisa menyebabkan komputer restart ataupun stuck. Dan hal ini mengakibatkan seperti pada poin kelima.
  • Harddisk jatuh atau terbentur
    Hal ini adalah yang paling sering terjadi pada harddisk eksternal, dimana secara tidak sengaja terjatuh atau terbentur benda keras. Beberapa harddisk model lama tidak tahan benturan sehingga langsung mengalami bad sector. Tetapi untuk model baru biasanya sudah dilengkapi dengan shock resistance atau anti benturan sehingga lebih aman.
Jika kamu terkena salah satu penyebab di atas kamu bisa memperbaiki bad sector di harddisk kamu dengan artikel di jalantikus dan kamu juga bisa lihat artikel komputer lainnya di jalantikus.

Sumber : Jalantikus.com dan All About Software
Anda sedang membaca artikel : Kumpulan Tips Penyebab Harddisk Bad Sector dengan url http://syarifhidayahmeno.blogspot.com/2014/05/kumpulan-tips-penyebab-harddisk-bad.html

{ 0 komentar to : Kumpulan Tips Penyebab Harddisk Bad Sector | Skip to Comment }

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda.!!!